Sabtu, 03 November 2012


LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
BENGKEL/ PERUSAHAAN
ERVINA SERVICE
Jln. Pdt. Justin Sihombing
PADA KENDARAAN ESPASS



Disusun Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Menyelesaikan Studi
Program Keahlian : Teknik Mekanik Otomotif
Di SMK Swasta GKPS 2
JLN. MEREK RAYA – PEMATANGSIANTAR

Disusun Oleh:

Nama                                   : 
NIS                                       : 218.4.10
BIDANG KEAHLIAN        : TEKNIK  MEKANIK
PROGRAM KEAHLIAN   : TEKNIK KENDARAAN RINGAN


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KABUPATEN SIMALUNGUN
SMK SWASTA GKPS 2 PEMATANGSIANTAR
TAHUN AJARAN 2012/2013

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
BENGKEL SAUDARA
Jln. ASAHAN No. 50 A


PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM REM TROMOL
PADA KENDARAAN IUU 77 PS






Di Susun Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Menyelesaikan Studi Program Keahlian Mekanik Otomotif
Di SMK Swasta GKPS 2
Jln. Merek Raya  - Pematangsiantar

Disusun Oleh:
Nama                          : Gordanio Sihombing
NIS                             : 078.4.10
Program Keahlian     : Teknik Mekanik Otomotif 






SMK SWATA GKPS 2
PEMATANGSIANTAR
T.A 2012/2013





PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan praktek kerja industri (PRAKTEK) telah di setujui, di evaluasi dan disusun pada:

Hari                 :
Tanggal           :    Oktober 2012
Tempat            : SMK Swasta GKPS Pematangsiantar







Mengetahui,



Kepala SMK Swasta GKPS 2 P.Siantar                                                    ketua. Prog. Keahlian





MENRY ZINTTIEN PURBA. BE. S.PD                                      JAMITER SILALAHI S.Pd
NIP: 19530531 198101 1001











PENGESAHAN INDUSTRI

Laporan praktek industri (PRAKTEK) telah di setujui, di evaluasi dan disusun pada:

Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 29 September 2012
Tempat            : Bengkel Saudara Jln. Asahan







Mengetahui,



   Guru Pembimbing                                                                        Pembimbing industri/Bengket



                                                                                                                                                           



Pimpinan Bengkel




                                               





Kata pengantar

Segala pụji Syukur Penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hikmat yang telah diberikan sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri ini dengan baik.
Tuujuan penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini sebagai Laporan Pertanggung Jawaban Siswa telah melakukan Praktek Kerja Industri di Lapangan.
Tersusunnya Laporan ini berkat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini, Penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1.      Bapak Menry Zitten Purba, BE. S.Pd selaku kepala SMK Swasta GKPS 2 P.Sianatar.
2.      Bapak J. Silalahi. S.Pd, selaku ketua jurusan teknik otomotif.
3.      Bapak A.M. Purba, selaku pembimbing praktek.
4.      Kedua orang tua, yang telah memberika motivasi baik dari segi materi maupun spiritual.
5.      Teman-teman yang termasuk Yusuf E. Turnip dan Fernando Simarmata yang telah membantu saya dalam menyelesaikan laporan praktik.

Walaupun penulis telah bekerja dengan segala kemampuan, namun penulis menyadari bahwa laporan ini banyak kekurangannya. Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan. Semoga laporan ini berguna bagi yang memerlukanya.





Pematangsiantar


                                                                                                           
                                                                                                                    Giordanio Sihombing







MOTO DAN PERSEMBAHAN


Moto               :
·         Kegagalan adalah awal dari kesuksesan
·         Mengalah untuk menang.


Persembahan   :
·         Bapak Menry Zitten Purba, BE. S.Pd selaku kepala SMK Swasta GKPS 2 P.Sianatar.
·         Bapak A.M. Purba, selaku pembimbing praktek.
·         Bapak/ibu guru SMK GKPS 2 P.Siaantar
·         Pihak yang ikut serta membantu menyelesaikan laporan ini.


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Berdasarkan standrt kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang telah di tetapkan pada SMK Swasta GKPS 2 Pematangsiantar, maka setiap siswa-siswi yang telah menyelesaikan pembelajaran pada semester IV (empat) sebelum pelajaran semester terhitung mulai bulan Juli s/d September 2012 dalam rangka penyesuaian pembelajaran teori di sekolah, serta memperoleh pengetahuan tentang perkembangan pelaksanaan konstruksi prakerin di tengah-tengah masyarakat.
Dalam kerja praktek kerja industry siswa diharapkan dapat melihat secara langsung dunia lapangan kerja dan mampu menyesuaikan diri dengan kondisi/ keadaan di perusahaan atau bengkel sehingga diharapkan menumbuhkan motivasi semangat belajar dalam rangka mempersiapkan diri sebagai tenaga kerja yang siap pakai di dunia industry atau berwira swasta di kemudian hari.

B.     Masalah Yang Dihadapai
Masalah dalam berbagai kegiatan yang dihadapi penulis selama pelaksanaan praktek kerja industry di perusahaan atau bengkel “PT. Miduk Arta/ PMH” lokasi jalan senangin kota madya Pematangsiantar adalah tentang:
1.      Dalam melakukan pemasangan kanvas rem ketempat dudukan
2.      Dalam melakukan menaikkan transmisi ke tempat dudukan
3.      Dalam melakukan penurunan gardan dari dudukan
4.      Dalam saat melakukan pergantian kain clutch (kain klos)
5.      Dalam saat pemasangan propeller shaft
6.      Pada saat penurunan mesin.






C.    Pembatasan Masalah
Mengingat keterbatasan waktu dan kemampuan penulis dalam menyusun laporan ini. Maka penulis membatasi masalah dalam laporan praktek kerja industry ini di bidang pekerjaan:
-          Perbaikan system rem
-          Perbaikan pada transmisi
-          Pemasangan kanvas rem
-          Perbaikan dan pemasangan Suspensi
-          Perbaikan pada kelistrikan
-          Perbaikan pada pembongkaran mesin dan pemasangan

D.    Tujuan Penulisan
1.      Bagi siswa
a.       Salah satu persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir (UN) di SMK Swasta GKPS 2 Pematangsiantar.
b.      Sebagai penerapan teori pembelajaran kejuruan yang diperoleh selama pembelajaran di sekolah
c.       Melihat/ mengalami secara langsung kondisi dunia industry
d.      Menambah keterampilan dan wawancara bermasyarakat.

2.      Bagi Perusahaan/ Bengkel
a.       Membantu pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan melalui pelatihan siswa yang akan menjadi tenaga kerja dan sebagai teknisi handal di otomotif
b.      Mempersiapkan siswa menjadi calon tenaga kerja yang terampil
c.       Membantu perusahaan/bengkel dalam melayani kebutuhan konsumen dalam melaksanakan program.

3.      Bagi Sekolah
a.       Membina hubungan kerja dengan dunia usaha mengikuti program sekolah pada semester 5 kelas XII
b.      Salah satu persyaratan untuk mengikuti ujian Nasional di SMK GKPS 2 Pematangsiantar.
SEJARAH BENGKEL MIDUK ARTA/ PMH

Latar belakang berdirinya perusahaan/bengkel
Bengkel/perusahaan ini didirikan pada tanggal 10 juni 1972 yang didirikan oleh bapak R. Sirait. Perusahaan ini berada di jalan Senangin No. 32 Pematangsiantar. Perusahaan ini bukan berada pada jalan besar/ raya, melainkan masuk ke dalam lorong karena tempat tersebut lebih baik ketimbang pas/ tepat di jalan raya yang dapat mengakibatkan kurangnya mekanik dalam perbaikan mobil tersebut/ posisinya lebih baik di gang tersebut dan bengkel/ perusahaan sampai sekarang masih di buka. Demikian sejarah bengkel/ perusahaan PT. Miduk Arta/ PMH. Terimakasij.

Pimpinan Bengkel/ Perusahaan
R. sirait
Kepala Mekanik
Lilik
Mekanik I
Iwan
Mekanik 2
P. Tampubolon
Mekanik 3
T. Sitorus
STRUKTUR ORGANISASI



BAB II
LANDASAN TEORI

SISTEM SUSPENSI
System Suspensi berfungsi untuk meredamkan getaran-getaran dan kejutan-kejutan yang ditimbukan oleh keadaan jalan yang tidak rata agar tidak sampai ke ruangan penumpang, sehingga pengemudi dan penumpang merasa nyaman dalam kendaraan
Jika mobil tidak dilengkapi dengan sisitem Suspensi antara seksi dengan roda-roda untuk melembutkan kejutan-kejutan maka ini akan menimbulkan ketidak tenangan sipengemudi dengan penumpang.
Kemudian hal ini dapat merusak komponen-komponen mobil system Suspensi di golongkan menjadi 2: suspensi depan dan suspensi belakang.
A.    Suspensi Depan
Suspensi depan adalah suatu mekanisme yang diterapkan pada bagian depan.
Leaf spring (pegas daun)
Berfungsi untuk meredam kejutan-kejutan yang ditimbulkan oleh keadaan jalan agar tidak sampai ke rangka/ seksi untuk memikul kendaraan. Pegas daun ini terdiri dari lembaran baja pelak yang tebalnya antara 3-6 mm dan susunan menjadi satu kemudian di satukan di tengah lubang Suspensi dnegan baut tengahnya
Pada bagian ini baut tengah diposisikan pas pada dudukan seksi tengah yang di buat dan kedua ujungnya di tumpukkan pada seksi depan dan belakang yang sudah di rancang sedemikian.

B.     Suspensi Belakang
Suspensi belakang suatu mekanisme yang ditempatkan pada bagian belakang kendaraan yang sudah dirancang


Tapak atas
Tapak berfungsi sebagai dudukan baut “U” dengan suspensi juga berfungsi sebagai pengatur jarak baut “U”


Tapak bawah
Tapak berfungsi sebagai perekat Suspensi agar suspensi tidak bergeser dan tetap pada dudukan seksi


Baut U
Baut “U” berfungsi sebagai pengikat antara suspensi lengan seksi agar Suspensi tepat pada dudukannya.



Baut Tengah
Baut tengah berfungsi sebagai pengikatan/perapat per yang sudah tersusun di tengah-tengah suspensi




Lear spring (Pegas Daun)
Berfungsi sebagai peredam kejutan-kejutan yang ditimbulkan oleh jalan yang tidak rata agar tidak sampai ke rangka/seksi/ body dan untuk memikul kendaraan. Pegas daun ini berbentuk elips, pada ujung bagian depanya di pasangkan pada rangka dengan menggunakan sprina hanager, sedangkan ujung bagian belakang dihubungkan dengan menggunakan spring shackik.
U Bolt (Baut U)
Berfungsi untuk mengikat pegas daun pada poros/ seksi belakang

Kupingan
Kupingan ini digunakan untuk menghubungkan antara seksi dengan Suspensi

Bos
Bos ini berfungsi sebagai penghubung antara kupingan dengan Suspensi dan keseimbangan suspensi.

Ring
Ring gunakan/ berfungsi sebagai pengataur jarak antara kupingan dengan Suspensi 



C.    Cara Kerja Suspensi/ Pegas Daun/ Fungsi Pegas Daun
Pegas dan berfungsi sebagai peredam benturan antara ban dengan jalan yang tidak rata. Kemudian berfungsi meredam benturan kebody mobil yang terhubung keruangan penumpang dan sipengemudi agar sipengemudi agar sipenumpang terasa nyaman di dalam ruangan mobil dan sipengemudi nyaman dalam mengendarai mobil tersebut. Juga pegas daun berfungsi menjaga komponen-komponen pada mesin dan body agar tidak cepat rusak dan akan tahan lama.
Sebaliknya jika kendaraan tidak diberi bahan seperti peredam getaran (Pegas daun) maka ini akan mengakibatkan ketidak nyamanan pada penumpang dan juga pada sipengemudi tidak akan bisa mengendarai mobil tersebut karena benturan yang diakibatkan oleh ban dan jalan yang tidak rata.



BAB III
PEMBAHASAN

A.    Melakukan Pembongkaran Suspensi Belakang Pada Kendaraan Marcedes Benz
a.      Tujuan :
-         Agar siswa mampu melakukan pembongkaran pada suspensi
-         Agar siswa mampu menganalisa kerusakan pada suatu suspensi dan memperbaikinya
-         Agar siswa dapat memasang suspensi kembali pada dudukannya.

b.      Alat dan Bahan :
Alat :
-         Dongkrak
-         Aspak dongkrak
-         Broti dan papan kecil
-         Kunci 17 banci/ring pas/ 15 ring
-         Kunci boel 32
-         Aspak boel yang panjang
-         Pahat
-         Martil
-         Kainlap
-         Ember
-         Alas
Bahan :
-         1 Unit kendaraan Marcedes Benz
-         1 Batang suspensi baru dan baut tengah baru
c.      Keselamatan Kerja:
-         Posisikan mobil pada halaman bengkel yang rata
-         Lakukan pengganjalan ban yang perlu di ganjal
-         Pastikan dongkrak suda pada posisi tepat pada bawah seksi belakang suspensi
-         Pakailah pakaian bengkel dan jangan main-main pada saat bekerja.

B.     Lagkah kerja
Persiapkan kendaraan pada halaman bengkel yang rata dan ganjal semua ban yang perlu diganjal
1.      Pertama buat/ posisikan broti di bawah seksi belakang dan pasang dongkrak di atas permukaan broti lalu beri papan di ujung dongkrak
2.      Dongkrak seksi sampai terangkat setinggi 6 cm sebagai penyeimbang
3.      Longgarkan dan buka baut kupingan yang terhubung pada seksi depan.
4.      Longgarkan dan buka baut kupingan yang terhubung pada seksi belakang lalu keluarkan bos belakang dengan baut tengah
5.      Longgarkan dan buka baut “U” yang terikat pada seksi dan tarik keluar baut “U” dan tapak atas.
6.      Tarik ke depan dan kebelakang agar memudahkan keluarnya suspensi lalu tarik kebelakang dengan beberapa orang
7.      Lalu tempatkan suspensi pada tempat yang aman
8.      Buka baut tengah dengan pahat dan penahan per/ suspensi.
9.      Tarik 1 persatu suspensi lalu bersihkan per/ suspensi dengan sekrap dengan air dan komponen-komponen lainnya.  

C.     Perawatan
Ambil solar, kuas, sekrap, dan sikat kawat untuk membersihkan komponen-komponen suspensi.



BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Setelah penulis menyelesaikan prakrin dengan petunjuk serta bimbingan dan pihak industry dan sekolah., maka penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Kemampuan mekanik dalam mengatasi masalah kendaraan adalah berdasarkan pengalaman dengan belajar secara bertahap
2.      Kemampuan pengenalan nama komponen dan fungsi semangat menunjang keberhasilan seorang mekanik dan memperbaiki kendaraan
3.      Keramahan pemimpin karyawan mempengaruhi minat pelanggan terhadap ,perusahaan/ bengkel
4.      Program menambah wawasan dasar dan melatih system dalam masyarakat
5.      Mengetahui system pengelolaan bengkel/ perusahaan sebagai dasar kewiraswastaan.

B.     Saran
Untuk memperbaiki kinerja dari kedua pihak, antara industry dan sekolah hendaknya:
1.      Mengadakan ikatan kerja sama antara pihak sekolah dan bengkel untuk mencapai dan menerqapkan teori sesuai dengan standart kompetensi yang harus dicapai
2.      Pada waktu pembekalan, peserta prakerin hendaknya pihak industry di ikut sertakan untuk menumbuhkan semangat dan kepercayaan siswa peserta prakerin.

DAFTAR PUSTAKA

Aris Munandar. W. 1983. Pedoman Untuk Mencari Sumber Kerusakan, Merawat dan Menjalankan Kendaraan Bermotor. Jakarta; Pradnya Paramita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar